Friday, March 23, 2012

Belajar IPA (Fungsi Zat Makanan (Gizi) bagi Kesehatan Tubuh Manusia)


 Fungsi Zat Makanan (Gizi) bagi Kesehatan Tubuh Manusia
1.    Makanan yang Baik untuk Kesehatan
Makanan sehat adalah makanan yang mengandung semua zat gizi, bersih dari kotoran dan kuman penyakit. Makanan bergizi adalah makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.
A.    Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi bagi kita. Makanan yang mengandung karbohidrat, yaitu nasi, jagung, ketela, kentang, kue, roti,dan ubi. 
B.    Protein
Protein, merupakan zat makanan yang berfungsi untuk membangun tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Protein dibedakan menjadi dua, yaitu protein nabati (protein yang berasal dari tumbuhan, contohnya kacang-kacangan, tahu, dan tempe) dan protein hewani (protein yng berasal dari hewan, contohnya susu, telur, daging, dan ikan).
C.   Vitamin
Vitamin, berfungsi sebagai pengatur. Vitamin terdiri dari vitamin A,B, C, D, E, dan K.
1)    Vitamin A terdapat pada susu, kuningan telur, keju, mentega, wortel, tomat, dan minyak ikan. Fungsinya menjaga kesehatan mata dan kulit.
2)    Vitamin B terdapat pada bekatul, beras merah, kacang hijau, kacang kedelai, daging, dan roti. Fungsinya mencegah penyakit beri-beri dan menjaga kesehatan rambut.
3)    Vitamin C terdapat pada jeruk, pepaya, nanas, mangga, tomat, dan sayuran. Fungsinya mencegah sariawan dan menjaga kesehetan kulit.
4)    Vitamin D tedapat pada minyak ikan, ikan, susu, mentega, kuning telur, dan keju. Fungsinya mencegah penyakit tulang (rachitis).
5)    Vitamin E terdapat pada taoge, gandum, hati, kuning telur,susu, minyak, dan kacang-kacangan. Fungsinya pemebentuk sel darah merah dan mencegah kemandulan.
6)    Vitamin K terdapat pada kuning telur, kacang kedelai, sayuran segar, dan susu. Fungsinya membantu pembekuan sel-sel darah merah. 
D.   Lemak
Lemak sebagai sumber tenaga, sebagai cadangan makanan, dan pelarut vitamin. Lemak dibagi menjadi dua, yaitu lemak nabati (berasal dari tumbuhan dan terdapat pada kelapa, kacang tanah, dan margarin) dan lemak hewani (lemak yang berasal dari hewan dan terdapat pada daging, keju, minyak kan, telur, dan mentega). 
E.    Mineral
Mineral, berfungsi untuk melancarkan semua proses yang terjadi di dalam tubuh. Terdapat pada air minum, sayuran, daging, susu, hati, telur, dan garam. Jenis dan kegunaan mineral, yaitu kalsium (untuk pembentukan tulang dan gigi), zat besi (untuk membentukan sel darah merah), flour (untuk mencegah pengeroposan tulang dan gigi), dan yodium (untuk mencegah penyakit gondok). 
F.    Air
Air, berfungsi untuk mengatur suhu tubuh, melancarkan pencernaan makanan, melarutkan zat makanan, serta melarutkan vitamin B dan C.

2.    Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Makanan empat sehat lima sempurna adalah makanan dengan gizi yang lengkapdan seimbang. Empat sehat terdiri dari empat macam makanan, yaitu makanan pokok (beras, dan kentang), lauk pauk (ikan, daging, dan telur), sayuran (bayam dan kangkung), dan buah-buahan (apel, pepaya, dan pisang). Lima sempurna adalah pelengkap dari empat makanan tersebut, yaitu susu.

3.    Makanan yang Berbahaya bagi Kesehatan
Ciri-ciri makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi, yaitu sudah ditumbuhi jamur dan dihinggapi lalat, berubah warna, sudah membusuk, sudah lewat batas kadaluwarsa, makanan disimpan dalam kaleng berkarat, makanan yang sudah dicemari hewan, dan makanan mengandung bahan kimia berbahaya.

Cara Pencegahan Penyakit Menular pada Manusia
Berikut salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah penyankit menular terhadap tubuh kita.
1.    Menjaga kebersihan lingkungan
2.    Makan makanan bergizi
3.    Olahraga secara teratur
4.    Mengadakan penghijauan
5.    Mencuci tangan sebelum makan
6.    Makan teratur dan tepat waktu
7.    Mencuci buah-buahan dan sayuran
8.    Menggunakan peralatan yang bersih untuk makan dan minum
9.    Menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur

No comments:

Post a Comment